Pages

Selasa, 05 April 2011

Dukungan untuk Hanafi Rais semakin luas (Hanafi juga didukung para seniman)

JOGJA - Arus dukungan terhadap Hanafi Rais sebagai calon wali kota Jogja dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Jogja 2011 semakin meluas. Kali ini dukungan disuarakan kalangan seniman Jogja seperti tokoh legendaris ketoprak Dirjo Tambur. Dirjo yang biasa memerankan tokoh antagonis seperti Patih Pringgoloyo dan Aryo Bahak itu secara terbuka memberikan dukungan kepada Hanafi.
”Seniman itu pengaruhnya di masyarakat besar. Maka, Nak Hanafi harus peduli dengan seniman,” pinta Dirjo di panggung terbuka dalam acara Inagurasi Gandung Pardiman Center di Taman Purawisata kemarin (27/3). Selain Dirjo, beberapa seniman seperti Marwoto Kawer, Cak Diqin, dan isterinya Wiwied juga hadir dalam acara penutupan rangkaian ultah ke-58 Gandung tersebut.
Dalam acara tersebut, untuk kali kesekian Gandung mempertegas sikapnya mendukung pencalonan Hanafi sebagai calon kepala daerah. Bahkan, Gandung semakin percaya diri menjatuhkan pilihan kepada putera sulung Amien Rais setelah mencermati hasil survei LSI yang dilakukan Partai Golkar.
”Hasilnya Pak Hanafi unggul di semua lini,” katanya mantap.
Karena itu, ia minta semua kader Golkar mengamankan dan mendukung pencalonan Hanafi tersebut. Meniru cara berdoa tokoh NU Jogja KH Syaiful Mudjab, di atas panggung Gandung minta ribuan peserta inagurasi ikut mengucapkan lafal doa Allahhuma Hanafi menang. Di tengah acara, Gandung juga minta Sekretaris DPD Partai Golkar DIJ Suhartono tidak ragu-ragu mengucapkan lafal doa itu. “Pak Hartono yang tegas dan jelas doanya,” pintanya.
Gandung juga wanti-wanti Hanafi agar konsisten menjaga amanah rakyat. Ia diminta terus dekat dengan rakyat. "Selama memimpin harus merakyat dan jangan pelit dengan rakyat," pintanya.
Ketua DPD Golkar DIJ juga mengancam akan siap menjewer Hanafi bila kelak setelah terpilih berubah sikap dan perilakunya. "Kalau sampai malih srengat (berubah sikap) kita ramai-ramai akan mengingatkan," ancamnya.
Gandung juga sempat mencari tahu keberadan Ketua DPD Partai Golkar Kota Jogja Augus Nur yang belum tampak di lokasi. Padahal sejumlah pengurus partai dan ketua DPD Golkar dari kabupaten se-DIJ telah hadir. “Mungkin Pak Augus masih kecapean dari mengikuti acara bimtek. Tolong Pak Hartono melakukan pembinaan,” ucapnya.
Mengomentari hasil survei itu, Hanafi menyampaikan terima kasih atas dukungan yang selama ini diberikan oleh masyarakat, kader Golkar, maupun Gandung Pardiman Center (GPC). ”Tanpa dukungan itu tidak ada artinya,” ucapnya.
Dosen Fisipol UGM itu juga minta agar usai shalat , namanya ikut didoakan agar sukses memenangkan pemilihan wali kota pada 25 September 2011. “Saat ini kita masih pemanasan dan harus bekerja lebih keras lagi,” ajaknya.
Meski namanya unggul dalam survei, Hanafi merasa posisinya belum aman. Sebab, pertautan popularitas dan elektabiltas berjarak 7 hingga 10 persen dengan calon lainnya. Karena itu, ia ingin mengajak semua pendukungnya bekerja lebih giat agar sukses dalam pilwali lima bulan ke depan.
Tentang pasangan yang akan dipilihnya Hanafi belum memutuskan. Pertimbangannya koalisi akan diserahkan kepada partai yang mengusungnya. Namun demikian, ia mengaku telah mengadakan komunikasi dengan nama-nama yang muncul ke publik yang menyatakan siap menjadi wakil wali kota.”Semua saya rasa punya potensi mendampingi,” katanya.
Pilihan calon wawali akan dikerucutkan pada awal Mei mendatang. Soal persyaratan wawali, Hanafi ingin orangnya punya visi yang sama dengan dirinya. Kandidat AB 2 A juga harus bisa diajak kerja sama membangun Jogja selama lima tahun ke depan.
”Kita ingin kenyamanan kerja selama menjabat,” tuturnya.
Harapannya selama kerja sama tak muncul rivalitas politik antara wali kota dengan wakilnya. ”Jangan sampai baru menjabat sudah muncul semangat pertarungan. Kita ingin sukses lima tahun. Jadi siapa pun yang maju akan panen,” katanya semangat. [@ry]
Sumber: Radarjogja.co.id

2 komentar:

  1. aku juga setuju...
    beliau sangat peduli dengan kesenian tradisional,
    karena aku juga suka kesenian tradisional dan punya group jathilan...
    moga moga pak hanafi besok mau nanggap keseniaan jathilan KUDHO SATRIO dari GUNUNGKIDUL
    trims...

    BalasHapus
  2. Aku nderek ndongake soko Majalengka Jabar, Insya Allah Mas Hanafi diparingi kesuksesan menang dalam Pilwakot, amin......
    (Gandung Sutarno-Sekretaris DPD PAN Majalengka)

    BalasHapus